/* Script against SOPA ~ ILMU SAYA = ILMU ANDA = ILMU KITA ~: Flashdisk USB Tidak Bisa Di-Safely Remove Pada Sistem Windows

30 Juli 2010

Flashdisk USB Tidak Bisa Di-Safely Remove Pada Sistem Windows


Pernah mendapati pesan pemberitahuan bahwa flashdisk USB anda tidak bisa di remove atau di eject seperti pada gambar di atas?


Jika jawabannya iya, jangan bertanya apa sebabnya. Tanyakan cara mengatasinya. Hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Umumnya, penyebabnya adalah penggunaan seperti untuk menonton film atau edit file langsung dari dalam flashdisk, file handler Windows yang error/corrupt, anti virus atau aplikasi lain masih melakukan "pembacaan" ke flashdisk, dan (yang sering disangkakan) infeksi virus. Sebenarnya, masih banyak kemungkinan penyebab lainnya yang belum diketahui secara luas (termasuk oleh penulis).


Pada tips kali ini, akan dibahas bagaimana caranya mengakali permasalah flashdisk USB yang tidak bisa di remove atau di eject. Kenapa mengakali dan bukan mengatasi? Jawabannya adalah tips ini hanya memiliki kemungkinan berhasil apabila dalam artian tidak terkena virus dan/atau sistem Windows masih sehat. Untuk yang terkena virus dan/atau sistem Windows sudah tidak sehat, solusinya hanya membawa komputer tersebut ke tempat servis komputer untuk diambil tindakan yang sesuai.


Ada 2 cara yang bisa digunakan untuk mengakali permasalahan flashdisk ini: menggunakan cara manual dan menggunakan aplikasi utility pihak ketiga.


Cara Manual


Tanpa melakukan restart komputer



  1. Tekan dan tahan [CTRL] + [ALT] + [DEL]

  2. Pilih tab "Processes"

  3. Pada bagian "Image Name", cari dan pilih proses "explorer.exe"

  4. Klik pada [End Process]. Apabila muncul jendela konfirmasi, pilih [Yes]

  5. Tunggu sampai kurang lebih 15 detik (atau sampai taskbar muncul kembali)

  6. Jika taskbar tidak muncul kembali secara otomatis, klik "File" lalu "New Task (Run...)" dan ketikkan "explorer.exe" lalu [ENTER]

  7. Coba kembali untuk melakukan prosedur remove atau eject


Melakukan restart komputer



  • Setelah restart, coba lakukan kembali prosedur remove atau eject






Aplikasi Utility Pihak Ketiga



  1. Gunakan freeware "Unlocker" atau "USBDeview"

  2. Setelah di ekstrak, jalankan aplikasinya


    • Unlocker




      1. Tentukan lokasi flashdisk lalu klik [OK]
      2. Klik pada service yang masih mengakses flashdisk dan pilih [Unlock All] lalu [Kill Process]



    • USBDeview




      1. klik pada nama hardware flashdisk yang akan di remove lalu tekan [F9]

      2. Apabila muncul jendela peringatan, klik [OK] atau [Yes]




Apabila semua cara di atas tidak berhasil, penulis menyarankan untuk membawa komputer tersebut ke tempat servis terdekat dan terpercaya.


Untuk aplikasi alternatif pengganti "Task Manager" milik Windows, bisa menggunakan "Process Explorer" atau "CurrProcess". Bahkan, untuk "Process Explorer", bisa di akses dari server developernya langsung ala cloud computing disini.


Selamat mencoba!

0 komentar: