/* Script against SOPA ~ ILMU SAYA = ILMU ANDA = ILMU KITA ~: Melacak Pengirim Email

03 Mei 2010

Melacak Pengirim Email

Pernah mendapat email yang menyatakan bahwa anda memenangkan sejumlah uang? atau,


mendapat email yang meminta bantuan anda untuk mencairkan dana dari sebuah rekening bank luar negeri dengan imbalan sejumlah uang? atau,


mendapat email yang meminta anda untuk datang ke Istana Negara sebagai tamu kehormatan dalam suatu acara perjamuan makan?






Waspadalah terhadap email yang demikian maupun sejenisnya & jangan pernah memberikan data-data anda dalam bentuk apapun, sekalipun data tentang ukuran pinggang! Bisa saja email tersebut benar, tetapi, seringnya, email tersebut adalah palsu alias hoax alias spam-mail. Kenapa demikian? Berikut akan penulis contohkan salah satu trik yang sempat populer untuk mengirim email palsu yang bisa menipu anda dengan mudahnya.




Mengirim Email palsu dengan menggunakan Telnet


Gambar diatas adalah salah satu trik basi yang dapat digunakan untuk mengirimkan email palsu. Email tersebut dikirimkan dengan menggunakan Telnet. Apabila dibaca oleh "Seseorang" (seseorang@microsoft.com), email tersebut akan terbaca dikirimkan oleh "Superman" (superman@krypton.com) yang menginformasikan bahwa "Superman" hendak berkunjung ke kantor Microsoft tempat "Seseorang" bekerja dimana "Seseorang" diminta untuk menyiapkan pesta penyambutan. Email spam hanya memiliki tujuan untuk aktivitas kriminal, mempromosikan produk, atau sekedar iseng. Tidak ada yang lain.






Untuk mencari keabsahan email yang diterima, kita bisa melihatnya melalui header email dan dengan bantuan Email Tracer. Berikut adalah langkah-langkah untuk melacak pengirim email yang mencurigakan:





  1. Buka email yang mencurigakan
  2. Lihat header email dengan cara:

    • Yahoo! Mail Baru: klik kanan email lalu pilih "View Full Headers"


    • Yahoo! Mail Classic: klik pada "View Full Header" di bagian pojok kanan bawah


    • Gmail : di bagian atas ada pilihan "Reply" dengan tanda tanda panah ke bawah, klik pada tanda panah tersebut lalu pilih "Show Original"




      Contoh email yang diterima melalui Gmail


    • Hotmail : klik kanan email lalu pilih "View Source"


    • Outlook Express : klik pada File > Properties > Details > Message Source


    • Microsoft Outlook: klik pada Options > View



  3. Tampilan header email mungkin saja berbeda antara penyedia jasa email yang satu dengan yang lain. Sebagai contoh, header email dari salah satu teman penulis melalui Gmail akan memiliki tampilan seperti berikut:


    Tampilan header email melalui Gmail. Copy keseluruhan header


    Copy keseluruhan header ini dan paste di kolom pencarian Email Tracer

    .
  4. Tunggu sesaat dan, apabila berhasil, hasil pelacakan akan ditampilkan seperti berikut:


    Tampilan hasil pelacakan melalui header email


    Pada kolom kiri atas, terdapat informasi mengenai email pengirim. Di kolom kiri bawah, peta lokasi email tersebut ketika dikirimkan. Terakhir, di kolom kanan, terdapat informasi teknis yang terperinci tentang email pengirim. Bahkan, kita dapat pula meminta Email Tracer untuk mencari informasi lebih lanjut mengenai email pengirim dengan meng-klik tombol [CONTINUE >].







Mohon diingat, data-data email pengirim yang ditampilkan oleh Email Tracer hanyalah data teknis (seperti alamat IP, penyedia jasa internet yang digunakan untuk mengirim email, waktu, dsb.) & bukanlah data pemilik email yang sebenarnya! Untuk bisa mengetahui data-data pemilik email yang sebenarnya kita harus bekerja sama dengan penyedia jasa internet serta kepolisian, meskipun nantinya kita tetap akan gigit jari karena hampir tidak ada orang yang memasukkan data diri aslinya ketika membuat email.




Demikian trik kali ini. Semoga bermanfaat bagi pembaca!

0 komentar: