/* Script against SOPA ~ ILMU SAYA = ILMU ANDA = ILMU KITA ~: Mem-bypass Pemblokiran Website

16 Agustus 2011

Mem-bypass Pemblokiran Website

Mohon untuk tidak menyalahgunakan tulisan ini untuk mengakses/men-download situs porno maupun situs terlarang lainnya!



Tema tulisan yang penulis usung kali ini agak di sambung-sambungkan dengan kemerdekaan Indonesia yang akan dirayakan setiap tanggal 17 Agustus: kebebasan!


Tulisan ini akan membeberkan beberapa trik yang biasa digunakan untuk mengakali pelarangan akses internet. Harap diingat, pelarangan yang diterapkan sebenarnya untuk tujuan yang bagus: bekerja efisien dengan internet tanpa memboroskan bandwidth. Hanya saja, menurut pendapat pribadi penulis, pelarangan tersebut sebaiknya dimatikan di luar jam kerja dan/atau tidak ada orang lain yang masih bekerja & membutuhkan bandwidth tinggi untuk menunjang pekerjaannya. Disinilah gunanya tulisan ini, sayang sekali kalau bandwidth yang ada tidak dimanfaatkan sepenuhnya di saat jam kerja selesai maupun saat tidak ada lagi orang lain yang masih membutuhkan bandwidth untuk menyelesaikan pekerjaannya. Akan lebih baik kalau bandwidth tidak terpakai itu dibebaskan untuk mencari hiburan pelepas kepenatan setelah bekerja. Agar pembaca dapat merasakan kebebasan browsing selepas jam kerja, silahkan dicoba beberapa trik berikut:




  1. Internet Protocol

  2. Pada kolom baris alamat browser, ketikkan IP situs tujuan. Untuk jasa gratisan pencari IP situs, kunjungi situs ip-adress untuk mengetahui alamat IP situs yang ingin dikunjungi. Contoh: daripada mengetikkan "www.domain.com", ketikkan "127.0.0.1".


  3. Cache Google

  4. Mesin pencari Google biasa menyimpan cache. Cache, dalam artian menurut penulis, adalah kumpulan informasi yang bersifat sementara akan pemanggilan suatu aplikasi/halaman web. Informasi ini tersimpan hanya jika pengguna sudah melakukan pemanggilan pertama. Tujuannya adalah agar pemanggilan berikutnya tidak membutuhkan proses yang lebih lama dari pemanggilan pertama berkat informasi yang sudah disimpan dari pemanggilan pertama tersebut. Dalam hal ini, kita memanfaatkan cache yang tersimpan pada server mesin pencari.







  5. Situs Penerjemah

  6. Untuk dapat mengunjungi situs yang diblokir, kunjungi situs penerjemah online terlebih dahulu. Trik ini mengelabui proxy karena nama situs penerjemah yang akan diminta untuk diproses. Namun, cara ini mempunyai kelemahan dalam mengakses beberap situs yang menggunakan protokol terenkripsi seperti Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS). Contoh: kunjungi "Google Translate". Lalu, ketikkan alamat situs yang hendak dikunjungi pada kolom teks untuk diterjemahkan.







  7. Web2Mail

  8. Web2Mail adalah penyedia jasa email gratisan yang dapat menerima feed dari situs yang dikehendaki. Namun, untuk versi gratisan, feed yang kita terima hanya bila ada perubahan dari situs tersebut.


  9. WayBack Machine

  10. WayBack Machine adalah situs pengarsipan. Hampir semua situs aktif diarsipkan disini. Kita bisa menampilkan versi terdahulu suatu situs karena situs ini bertindak hampir seperti perpustakaan digital, hanya saja data yang tersimpan berupa data-data lama, dan bekerja serupa dengan situs web proxy.







  11. Screen-Resolution.com

  12. Screen-Resolution.com dapat menampilkan berbagai macam situs dalam ragam resolusi. Cara kerjanya juga serupa dengan situs web proxy.


  13. Google Mobile Search

  14. Google Mobile Search adalah mesin pencari khusus perangkat mobile. Sama seperti saat memanfaatkan situs penerjemah, kita wajib mengunjungi situs ini terlebih dahulu. Pada kolom pencarian, ketikkan nama situs atau alamat situs yang ingin dituju. Kelemahan dari trik ini, hanyalah, beberapa situs akan ditampilkan dalam versi mobile-nya. Juga, javascript dan CSS tidak akan diproses oleh browser karena memang desain situs ini untuk mengolah halaman web agar bisa ditampilkan pada perangkat mobile.







  15. Pemendek URL

  16. Saat ini, sudah banyak situs penyedia jasa pemendekkan URL (Uniform Resource Locator) suatu situs. Kelemahan dari trik ini, pengunjung situs social network akan sedikit kesulitan karena hierarki URL yang harus dipendekkan. Situs penyedia jasa pemendekkan URL yang populer: bit.ly dan adf.ly


  17. Aplikasi portable

  18. Umumnya, browser yang terpasang di komputer tidak bisa diutak-atik serta tidak bisa melakukan instalasi aplikasi apapun karena pelarangan yang diterapkan sebagai bagian dari kebijakan penggunaan komputer. Apabila kasusnya seperti ini, gunakan Mozilla Firefox portable (bisa di download dari sini). Tambahkan plugin portable Tor ke dalam Mozilla Firefox portable tadi. Atau, gunakan Tor-Firefox Portable secara langsung. Keunggulan aplikasi portable adalah tidak diperlukannya proses instalasi.


  19. Web Proxy

  20. Ini adalah trik yang paling populer & paling ampuh. Cara kerjanya, kita meminta situs penyedia jasa proxy gratisan untuk membuka situs yang terblokir. Ada puluhan ribu situs penyedia jasa proxy gratisan. Sehingga, hampir tidak mungkin untuk turut memblokirnya.


    Berikut adalah daftar 10 Web Proxy terbaik menurut penulis:




Demikian trik kali ini. Hidup INDONESIA!!!

0 komentar: